Jumat, 06 Mei 2011

kosmetik kadaluarsa ? ngeriiii


Yang namanya perempuan pasti ga jauh-jauh dari kosmetik, mulai dari yang biasa dipakai sehari-hari sampe yang dipake buat acara-acara tertentu kaya pelembab, foundation, bedak, lipstick, mascara, eyeliner, blush on, eye shadow, etc. Kosmetik-kosmetik itu punya masa kadaluarsanya juga lho kaya makanan. Biasanya masa kadaluarsanya suka ada di dus kosmetiknya, cuman ga jarang kita abaikan, atau mungkin kita malah ga ngeh ada masa kadaluarsanya. Tapi ada juga kosmetik yang ga mencantumkan tanggal kadaluarsanya, makanya kita harus inget udah berapa lama usia kosmetik kita. Yang bisanya suka dilupakan itu kita suka ga inget udah berapa lama usia kosmetik kita. Hmm, ga baik sebenernya kaya gitu, mengingat kosmetik yang kadaluarsa itu ga baik buat kulit kita juga..
"Kosmetik ini memang sudah lama, tapi isinya masih banyak, lagipula saya cocok memakainya," begitu mungkin suara-suara dalam pikiran kebanyakan perempuan. Padahal memakai kosmetik yang sudah kadaluarsa sebenarnya berbahaya, apalagi bagi pemilik kulit sensitif. Produk yang sudah disimpan terlalu lama biasanya bahan pengawetnya sudah habis, akibatnya kuman dan bakteri tumbuh dan berkembang biak di dalamnya. Nekat memakainya, bisa-bisa kulit malah menjadi merah, gatal-gatal dan bengkak.
Secara umum usia kosmetik tidak lebih dari satu tahun, kosmetik yang menggunakan bahan alami yang tidak menggunakan pengawet waktu kadaluarsanya bahkan lebih pendek lagi. Masa kadaluarsa kosmetik juga ditentukan oleh penyimpanan yang baik, suhu ruangan dan kemasan yang selalu tertutup rapat.
Selalu simpan kosmetik dalam keadaan tertutup rapat jika tidak sedang digunakan untuk mencegah penguapan dan masuknya kotoran serta bakteri. Segera buang kosmetik yang mengalami perubahan warna atau menimbulkan bau karena itu merupakan petanda bahan pengawet dalam produk tersebut sudah tidak berfungsi membunuh bakteri.  Simpanlah kosmetik dalam suhu ruangan, hindari sinar matahari langsung atau panas untuk mencegah rusaknya pengawet dalam produk kosmetik.
Perhatikan pula faktor kebersihan. Cucilah tangan sebelum menggunakan kosmetik untuk mencegah kontaminasi. Bersihkan secara berkala kotak penyimpanan kosmetik dan hindari memakai puff bedak jika kulit wajah sedang iritasi. Penyimpanan kosmetik yang baik serta kebersihan yang terjaga bisa membantu kosmetik tetap dalam keadaan baik meski sudah melewati masa yang berlaku.

Berdasarkan info dari berbagai sumber, ciri-ciri make up yang udah kadaluarsa itu adalah sebagai berikut:
  • Adanya Perubahan Warna, Biasanya produk tersebut jika sudah kadaluara akan mengalami perubahan warna lebih tua atau lebih muda.
  • Perubahan Bentuk, Bentuk make up yang sudah kadaluarsa dan tidak layak dipakai biasanya agak melunak atau mencair, bahkan mengeras, bisa jadi salah satu tandanya. Terkadang bahkan terlihat keruh, dan menimbulkan bercak noda.
  • Aroma, Baunya akan lebih tajam,  tengik atau apek tidak seperti make up yang masih baru dengan baunya segar.
Masa kadaluarsa produk kosmetik pada umumnya:
  • Jenis powder (bedak dan eye shadow): 1-2 tahun
  • Cream shadows: 12 sampai 18 bulan
  • Lipstick dan lipliner: satu tahun
  • Maskara: buang maskara setelah dibuka selama 3-6 bulan
  • Alas bedak: 6 bulan
  • Make up brush: Cuci seminggu sekali dengan sabun cuci
  • Spons make up: Ganti setiap minggu atau ganti ketika spons sudah kotor
Berikut beberapa tips bagaimana menyimpan kosmetika dengan meminimalisir resiko kadaluarsa:
  • Gunakan sistem pengarsipan pada kosmetik Anda. Misal, kelompokkan jenis lipstik yang biasa Anda gunakan sehari-hari, digunakan untuk waktu tertentu, dibeli hanya sebagai barang koleksi.
  • Cantumkan label masa kadaluarsa pada tiap-tiap arsip untuk mencegah Anda menggunakan kosmetik yang sudah kadaluarsa. Untuk kosmetik dengan kemasan terbuka, maka masa kadaluarsanya enam bulan sejak digunakan. Sedangkan untuk kosmetik dengan kemasan tertutup, masa kadaluarsanya hingga satu tahun.
  • Perhatikan bagaimana cara menyimpan produk kosmetik sesuai dengan petunjuk yang tertera pada label. Sebab, penyimpanan yang salah akan mempercepat masa pakai kosmetik, dan mengakibatkan reaksi yang berbahaya.
Mulai sekarang ayo lebih peduli dengan masa kadaluarsa kosmetik yang kita pakai, untuk kebaikan kulit kita juga terutama untuk kulit sensitif..

Semoga postingannya bermanfaat. Cheers, fasci :)

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar